Apakah bipolar dari lahir?

Table of Contents

Apakah bipolar dari lahir?

Apakah bipolar dari lahir?

"Gangguan jiwa seperti bipolar, depresi memang memiliki bawaan genetik. Genetik ini tidak harus diturunkan, melainkan juga bisa bawaan," ujar Dharmawan saat dihubungi Kompas.com pada Sabtu (). Bipolar bawaan, lanjut Dharmawan, dibawa sendiri oleh penderitanya. "Tak tahu dari mana gennya itu," ujar dia.

Apakah bipolar Menurun ke anak?

Sebagian ahli berpendapat bahwa gangguan bipolar dapat diwariskan dari orangtua. Bila salah satu orangtua mengalami bipolar atau depresi berat, maka sang anak memiliki risiko sebanyak 15-25 persen mengalami bipolar juga.

Apakah bipolar itu genetik?

Sedangkan, menurut artikel yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, faktor genetik menyumbang sekitar 60-80 persen gangguan bipolar. Artinya, faktor keturunan bukanlah satu-satunya penyebab gangguan bipolar.

Kenapa anak bisa bipolar?

Seorang anak akan berpotensi mengidap gangguan bipolar, jika memiliki orangtua atau keluarga yang mengalami kondisi serupa. Meski begitu, belum diketahui pasti apa alasan gangguan bipolar bisa menurun secara genetik. Gangguan bipolar juga bisa terjadi akibat kelainan pada struktur dan fungsi otak.

Apakah bipolar dapat menurun?

Hati-hati, Bipolar Disorder Ternyata Bisa Menurun Dalam Keluarga. Anda mungkin lebih sering mendengar penyakit diabetes, asma, kanker, hingga rematik, sebagai penyakit keturunan.

Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi bipolar?

5 Cara Menghadapi Orang Bipolar, Beri Bantuan Sejak Dini

  1. Kenali Tanda-tanda Bipolar. Pertama, cara menghadapi orang bipolar yakni dengan mengenali tanda-tandanya. ...
  2. Dengarkan Isi Hati Penderita. ...
  3. Ajak Berolahraga. ...
  4. Temukan Hobi Baru. ...
  5. Beri Dukungan untuk Melakukan Perawatan Obat.

Related Posts: