Kenapa dipasang NGT?

Table of Contents

Kenapa dipasang NGT?

Kenapa dipasang NGT?

Tujuan pemasangan selang nasogastrik adalah untuk membantu pemberian makanan dan obat-obatan kepada pasien yang tidak bisa mengonsumsi makanan atau obat dari mulut, misalnya bayi prematur atau pasien koma. Selain itu, selang nasogastrik juga bisa digunakan untuk mengeluarkan gas atau cairan dari dalam lambung.

Apa indikasi pemasangan NGT?

Indikasi diagnostik pemasangan NGT adalah sebagai berikut: Evaluasi ada tidaknya perdarahan saluran cerna bagian atas dan volume perdarahannya. Aspirasi cairan lambung. Identifikasi esofagus dan lambung pada Rontgen toraks.

Untuk mengecek apakah selang NGT sudah masuk ke lambung yaitu dengan cara?

Ketika NGT sudah mencapai lambung, petugas medis akan mencoba memastikan posisi NGT pada tempatnya dengan mengeluarkan cairan di dalam lambung pasien melalui selang atau malah memasukkan udara sambal mendengarkan melalui stetoskop.

Apakah pemasangan NGT bisa menyebabkan infeksi?

Menggunakan alat ini terlalu lama dapat mengakibatkan bisul atau infeksi berkembang pada jaringan sinus, tenggorokan, kerongkongan, atau perut.

Kenapa pemasangan NGT harus melalui hidung?

Setelah operasi pemasangan NGT Selang NGT yang dipasang pada lubang hidung memang menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, cara ini dapat membantu Anda mencegah terjadinya penyumbatan usus.

Penyakit apa saja yang memerlukan pemasangan NGT?

Umumnya, pemasangan nasogastric tube diperlukan oleh pasien dengan kondisi:

  • Cedera Leher atau Wajah. Cedera pada leher atau wajah dapat membuat pasien sulit menggerakkan mulut, mengunyah, dan menelan. ...
  • Gangguan Usus. ...
  • Kesulitan Bernapas. ...
  • Overdosis Obat-obatan Terlarang. ...
  • Koma.

Pasien apa saja yang tidak boleh dipasang NGT?

Kontraindikasi relatif pemasangan NGT adalah:

  • Gangguan koagulasi darah berat karena dapat menyebabkan perdarahan yang tidak terkontrol.
  • Varises, striktur, atau ruptur esofagus.
  • Obstruksi esofagus akibat neoplasma maupun benda asing.
  • Anastomosis esofagus dan lambung.
  • Kelainan anatomis wajah.
  • Riwayat konsumsi zat kimia korosif.

Apakah pemasangan NGT sakit?

Pemasangan nasogastric tube yang normal dan benar tetap memiliki risiko efek samping. Berupa kram dan pembengkakan perut, mual, muntah, dan diare. Risiko efek samping dari pemasangan akan lebih parah jika tidak dilakukan dengan benar.

Bagaimana pengukuran selang pada pemasangan NGT?

Mengukur panjang selang yang akan dimasukkan dengan menempatkan ujung selang dari hidung pasien ke ujung telinga atas, lalu lanjutkan sampai ke processus xyphoideus. Tandai selang dengan plaster untuk batas selang yang akan dimasukkan. Menberi jelly / pelumas pada ujung selang tersebut ( 10-20 cm ).

Apa saja makanan yang bisa diberikan lewat NGT?

Makanan cair yang dapat diberikan berupa air, susu, kuah sayur. Makanan yang dapat diblender adalah makanan yang mengandung energi/ protein tinggi, misal daging, tempe, sayur hijau yang dicampur dengan air.

Related Posts: