Apa saja tugas supervisor dalam pendidikan?

Apa saja tugas supervisor dalam pendidikan?

Apa saja tugas supervisor dalam pendidikan?

Menurut M. Haris, tugas supervisor pendidikan yaitu: mengembangkan kurikulum, pengorganisasian pengajaran, pengadaan staf, penyediaan fasilitas, penyediaan bahan pengajaran, penyusunan penataran pendidikan, pelayanan murid, hubungan masyarakat, penilaian pengajaran.

Siapa saja yang bisa menjadi supervisor dalam pendidikan?

Keputusan Menteri P dan K, RI.Nomor : , yang menyebutkan siapa saja yang berhak disebut supervisor di sekolah, yaitu kepala sekolah, penilik sekolah untuk tingkat kecamatan dan para pengawas di tingkat kabupaten/ kotamadya serta staf kantor bidang yang ada di setiap provinsi.

6 Apakah maksud dari supervisi pendidikan apa tugas supervisor pendidikan?

Dengan demikian, supervisi pendidikan adalah segala bantuan dari supervisor dan atau dari semua pemimpin kepala sekolah untuk memperbaiki manajemen pengelolaan sekolah dan meningkatkan kinerja staf/guru dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewajibannya sehingga tujuan pendidikan dapat dicapai dengan optimal.

Siapa itu supervisor pendidikan?

Supervisor atau Pengawas satuan pendidikan/sekolah adalah pejabat fungsional yang berkedudukan sebagai pelaksana teknis untuk melakukan pengawasan pendidikan terhadap sejumlah sekolah tertentu yang ditunjuk/ditetapkan dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar/bimbingan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Apa itu supervisi dan supervisor?

Supervisi berarti melihat dari atas atau menilik pekerjaan secara keseluruhan. Orang yang melakukan kegiatan supervisi ini disebut supervisor. Pengertian di atas menunjukkan bahwa supervisor adalah orang yang melakukan aktivitas.

Apa syarat menjadi supervisor?

Berpengalaman dalam bidang kerja yang jadi perannya (misalnya untuk supervisor toko, maka harus punya pengalaman kerja di toko) Mampu mempelajari dan memahami berbagai deskripsi pekerjaan dengan mudah. Terbiasa dengan kebijakan perusahaan dan pedoman hukum di lapangan. Memiliki kemampuan interpersonal yang baik.

Siapa saja yang melakukan pengawasan pendidikan?

Seseorang yang diberi tugas tersebut disebut pengawas atau supervisor. Dalam bidang kependidikan dinamakan pengawas sekolah atau pengawas satuan pendidikan. Pengawasan perlu dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan secara berkesinambungan pada sekolah yang diawasinya.

Siapa yang menjadi supervisor pada supervisi akademik?

Pendapat diatas menjelaskan bahwa supervisi akademik adalah kegiatan yang dilakukan oleh supervisor yaitu seorang ahli yang ditunjuk/dipercaya untuk memberikan bantuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Berbeda dalam konsep Islam, supervisornya adalah Allah SWT secara langsung.

Apa saja tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan supervisi pendidikan?

Tujuan umum supervisi adalah memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru dan staf agar personil tersebut mampu meningkatkan kwalitas kinerjanya, dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan proses belajar mengajar.

Siapa yang mensupervisi kepala sekolah?

Supervisi kepala sekolah adalah bantuan profesional kepada guru, melalui siklus perencanaan yang sistematis, pengamatan yang cermat dan umpan balik yang obyektif, sehingga cara itu guru dapat menggunakan balikan tersebut untuk memperbaiki kinerja mengajarnya.

Apa yang disebut Supervisi Pendidikan?

  • Pengertian supervisi pendidikan adalah pembinaan yang berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya dan peningkatan mutu mengajar dan belajar dan belajar pada khususnya.

Apakah seorang supervisor adalah penting untuk menegakkan disiplin?

  • Sebagai seorang Inspektur – Peran penting dari supervisor adalah untuk menegakkan disiplin.

Apakah supervisor adalah seseorang dalam organisasi?

  • Pendapat Sarwoto (1993), dalam bukunya Dasar-Dasar Organisasi Manajemen, supervisor adalah seseorang di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab terhadap kelompok kerjanya.

Apakah pekerjaan supervisor merupakan job deskripsi supervisor?

  • Suatu catatan yang sistematis tentang tugas, wewenang dan tanggung jawab seorang supervisor merupakan job deskripsi supervisor. Di bawah ini akan dibahas mengenai job desc supervisor, yang meliputi tugas, wewenang dan tanggung jawab supervisor.

Related Posts: