Bagaimana pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah?

Bagaimana pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah?

Bagaimana pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah?

Supervisi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan supervisi dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan melalui teknis rapat guru, observasi kelas, dan percakapan pribadi antara supervisor dengan objek yang di supervisi.

Apa yang harus dipersiapkan kepala sekolah sebelum melakukan supervisi pendidikan?

Seorang kepala sekolah sebelum melakukan supervisi, harus membuat perencana- an seperti perangkat pembelajaran (silabus dan RPP), jadwal supervisi, instrumen supervisi, teknik supervisi, analisis hasil supervisi, feedback hasil supervisi dan tindak lanjut hasil supervisi, dll.

Apakah sebenarnya tujuan kepala sekolah melaksanakan supervisi tersebut dan apa yang perlu dipersiapkan oleh guru yang disupervisi jelaskan?

Supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah, tujuannya adalah membantu guru-guru memperbaiki situasi mengajar. Salah satu tugas dalam rangka meningkatkan mutu proses belajar mengajar di sekolah. ... Membantu guru dalam menerapkan metode dan teknik mengajar yang lebih berdaya guna dan berhasil guna.

Mengapa kepala sekolah harus melakukan supervisi akademik?

Supervisi akademik oleh kepala sekolah merupakan kemampuan membina kinerja guru meningkatkan mutu proses pembelajaran, bimbingan, media pembelajaran, penilaian dan pengembangan keprofesian (penelitian praktis). ... Kegiatan supervisi digunakan untuk memajukan pembelajaran melalui pertumbuhan kemampuan guru-gurunya.

Bagaimana pelaksanaan supervisi manajerial?

Supervisi manajerial dilaksanakan melalui kegiatan pra supervisi dan selanjutnya melakukan tiga tahapan kegiatan, yaitu penilaian kinerja kepala para pengelola sekolah, kegiatan pemantauan pada pelaksanaan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Oleh siapa supervisi dilakukan di sekolah?

Pelaksanaan kegiatan supervisi dilaksanakan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah sebagai supervisor dalam memberikan pembinaan kepada guru. Hal tersebut terjadi karena proses belajar-mengajar yang dilaksanakan guru merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan utama.

Apa saja syarat menjadi kepala sekolah?

Persyaratan SIKASEP

  • surat rekomendasi dari Kepala Sekolah atau pimpinan penyelenggara pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.
  • fotokopi ijazah kualifikasi akademik;
  • fotokopi sertifikat pendidik;
  • fotokopi surat keputusan pangkat dan jabatan terakhir bagi Guru yang diangkat oleh pemerintah daerah;

3 Bagaimanakah teknik yang dapat digunakan kepala sekolah untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai supervisor bagi guru?

Teknik pembinaan profesional yang dapat digunakan supervisor(kepala sekolah) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar antara lain: (1) kunjungan kelas, (2) pertemuan pribadi, (3) rapat guru, (4) penataran, (5) pemanfaatan guru model, (6) penerbitan buletin profesional, (7) pertemuan dalam kelompok kerja, ...

Langkah langkah dalam melakukan supervisi?

pelaksanaan supervisi dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu:

  1. Perencanaan. Kegiatan perencanaan mengacu pada kegiatan identifikasi permasalahan. ...
  2. Pelaksanaan. Kegiatan pelaksanaan merupakan kegiatan nyata yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kemampuan Pendidik. ...
  3. Evaluasi. ...
  4. Tindak Lanjut.

Siapa kepala sekolah harus memiliki Supervisi Akademik?

  • Oleh sebab itu, setiap kepala sekolah harus memiliki dan menguasai konsep supervisi akademik yang meliputi: pengertian, tujuan dan fungsi, prinsip-prinsip, dan dimensi-dimensi substansi supervisi akademik. Supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah antara lain adalah sebagai berikut.

Apakah Kepala Sekolah/Madrasah memiliki Supervisi Akademik?

  • Oleh sebab itu, setiap kepala sekolah/madrasah harus memiliki dan menguasai konsep supervisi akademik yang meliputi: pengertian, tujuan dan fungsi, prinsip-prinsip, dan dimensi-dimensi substansi supervisi akademik. Supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah/madrasah antara lain adalah sebagai berikut.

Apa yang dilakukan Kepala Sekolah/Madrasah?

  • Supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah/madrasah antara lain adalah sebagai berikut. (1) Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan pembelajaran kreatif, inovatif, pemecahan masalah, berpikir kritis dan naluri kewirausahaan.

Mengapa kepala sekolah bertindak sebagai supervisor?

  • Tidak ada strategi, model, atau prosedur yang paling baik dalam kegiatan supervisi, masing-masing pendekatan mempunyai kelebihan di samping kekurangannya. Sebagai supervisor, kepala sekolah diharapkan mampu bertindak sebagai konsultan, sebagai fasilitator yang memahami kebutuhan dari guru dan juga mampu memberi alternatif pemecahannya.

Related Posts: