Apa itu supervisi akademik dan supervisi klinis?

Table of Contents

Apa itu supervisi akademik dan supervisi klinis?

Apa itu supervisi akademik dan supervisi klinis?

Supervisi akademik yang menggunakan model pendekatan berbasis permintaan/ kebutuhan guru, disebut supervisi klinis. ... Hubungan antara kepala sekolah sebagai supervisor dan guru juga harus dijaga sebagai hubungan kolegial, bukan otoriter, karena supervisi klinis dilakukan secara bersama antara kepala sekolah dan guru.

Apa pentingnya supervisi akademik bagi para guru?

Tujuan supervisi akademik adalah membantu guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran yang dicanangkan bagi murid-muridnya (Glickman, 1981). Melalui supervisi akademik diharapkan kualitas akademik yang dilakukan oleh guru semakin meningkat (Neagley, 1980).

Apa yang dimaksud dengan supervisi?

Supervisi adalah usaha memberikan layanan kepada guru-guru baik secara individual atau kelompok dalam usaha memperbaiki pengajaran dan kurikulum (Sahertian 2000: 19). ... Berdasarkan hal-hal tersebut maka supervisi sebagai sisi kurikulum. Teknis pelaksanaan supervisi secara individual atau berkelompok.

Langkah langkah supervisi kepala sekolah?

Terdapat minimal empat kegiatan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah pada tahap pelaksanaan supervise akademik ini yaitu:

  1. Melaksanakan Supervisi Perangkat Pembelajaran.
  2. Melakasanakan Supervisi Pemantauan RPP.
  3. Melaksanakan Supervisi Proses Pembelajaran.
  4. Melaksanakan Supervisi Penilaian Hasil Belajar.

Apa yang dimaksud dengan supervisi klinis?

Supervisi klinis adalah bantuan profesional yang diberikan kepada guru dalam rangka meningkatkan kompetensi mengajarnya yang difokuskan untuk memperbaiki perilaku /keterampilan dalam proses belajar mengajar yang bersifat spesifik/khusus.

Untuk apa supervisi dilakukan?

Supervisi adalah suatu aktivitas pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk membantu para guru dan pegawai lainnya dalam melakukan pekerjaan mereka dalam proses pembelajaran secara efektif. Supervisi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.

Apa itu supervisi dan tugasnya?

Supervisi adalah kegiatan yang dilakukan oleh pengawas satuan pendidikan dalam rangka membantu kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya guna meningkatkan mutu dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran.

Apakah Supervisi Akademik?

  • Glickman (1981), mendefinisikan supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran demi pencapaian tujuan pembelajaran. Supervisi akademik merupakan upaya membantu guru-guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran. (Daresh, 1989).

Apakah pengaruh Supervisi Akademik?

  • Perilaku supervisi akademik yang demikian tidak akan memberikan banyak pengaruh terhadap tujuan dan fungsi supervisi akademik. Seandainya memberikan pengaruh, pengaruhnya relatif sangat kecil artinya bagi peningkatan mutu guru dalam mengelola proses pembelajaran.

Apakah Supervisi Akademik merupakan penilaian unjuk kerja guru?

  • Dengan demikian, esensi supervisi akademik itu sama sekali bukan menilai unjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Meskipun demikian, supervisi akademik tidak bisa terlepas dari penilaian unjuk kerja guru dalam mengelola pembelajaran.

Apakah supervisi berasal dari bahasa Inggris?

  • Sebarkan ini: Supervisi secara etimologi berasal dari bahasa Inggris Supervision. Super yang artinya diatas, atau vision yang artinya penglihatan atau melihat. Sehingga jika akan digabungkan maka supervision ialah melihat dari atas.yang Maksudnya melihat segala sesuatu dari atas.

Related Posts: