Apa yg dimaksud dg obat anti-inflamasi non steroid?

Table of Contents

Apa yg dimaksud dg obat anti-inflamasi non steroid?

Apa yg dimaksud dg obat anti-inflamasi non steroid?

Obat anti-inflamasi non-steroid (OAINS) merupakan obat yang sering diresepkan oleh dokter dan terjual bebas di masyarakat. Obat ini memiliki efek analgetik, anti-inflamasi, dan anti-piretik sehingga penggunaannya sangat umum di masyarakat.

Obat non steroid apa aja?

Berikut ini adalah jenis-jenis obat yang termasuk ke dalam golongan NSAIDs atau OAINS:

  • Ibuprofen. Merek dagang: Aknil, Alaxan FR, Anafen, Arbupon, Arfen, Arthrifen, Axofen, Bimacyl.
  • Aspirin. ...
  • Naproxen. ...
  • Diclofenac. ...
  • Celecoxib. ...
  • Etoricoxib. ...
  • Indomethacin. ...
  • Asam mefenamat.

1 Apakah antiinflamasi itu?

Antiinflamasi didefinisikan sebagai obat-obat atau golongan obat yang memiliki aktivitas menekan atau mengurangi peradangan. Radang atau inflamasi dapat disebabkan oleh berbagai rangsangan yang mencakup luka-luka fisik, infeksi, panas dan interaksi antigen-antibodi (Houglum, 2005).

Apa beda Oains dan NSAID?

NSAID adalah singkatan dari nonsteroidal anti-inflamatory drugs dan merupakan sebuah golongan obat-obatan yang biasanya digunakan untuk bantu meredakan peradangan atau rasa nyeri. Dalam bahasa Indonesia, golongan obat ini disebut juga sebagai obat antiinflamasi nonsteroid atau OAINS.

Apakah Paracetamol termasuk NSAID?

Ibuprofen termasuk salah satu obat demam antiinflamasi nonsteroid (NSAID) selain aspirin, naproxen, dan lain-lain yang dijual bebas di kebanyakan negara. Sementara itu, paracetamol yang dikenal juga sebagai acetaminophen umumnya tidak dianggap NSAID karena hanya memiliki aktivitas antiinflamasi minor.

Mengapa obat NSAID menyebabkan efek samping gangguan lambung?

NSAID dapat memicu terjadinya Gastritis karena mekanisme kerjanya yang menghambat aksi dari enzim sikloosigenase. Sehingga jika kerja dari sikloosigenase dihambat maka COX-1 tidak dapat membentuk prostaglandin dalam lambung. Jika prostaglandin tidak terbentuk, maka adenylyl cyclase akan terbentuk.

Apakah Steroid merupakan obat antiinflamasi nonsteroid?

  • NSAID adalah obat antiinflamasi nonsteroid yang digunakan untuk pengobatan nyeri dan peradangan pada berbagai penyakit. Steroid termasuk dalam golongan senyawa organik yang secara klinis penting sebagai agen antiinflamasi dan modulator imun yang kuat. Steroid yang berbeda memiliki MOA yang berbeda.

Apakah NSAIDs merupakan analgetik antiinflamasi?

  • NSAIDs termasuk dalam golongan analgetik antiinflamasi karena mampu meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan akibat peradangan. Efek analgetik antiinflamasinya disebabkan karena penghambatan enzim COX-2. Sedangkan efek samping gangguan gastrointestinal disebabkan karena penghambatan enzim COX-1.

Apakah Steroid memiliki efek samping yang parah?

  • Steroid memiliki efek samping yang parah, dan itu adalah faktor pembatas dalam penggunaannya. Penggunaan glukokortikoid kronis menyebabkan memar, kelemahan otot, perubahan kulit, gangguan tidur, penambahan berat badan, dan katarak.

Apakah NSAIDs non-selektif memiliki efek antiflamasi?

  • NSAIDs non-selektif memiliki efek sebagai anti-inflamasi melalui penghambatan enzim COX-1 dan COX-2. Enzim ini berperan dalam mengkatalisis reaksi pembentukkan prostaglandin (PGE2) dan tromboksan dari asam arakidonat.

Related Posts: