Kelainan kromosom apakah bisa diobati?

Table of Contents

Kelainan kromosom apakah bisa diobati?

Kelainan kromosom apakah bisa diobati?

Halodoc, Jakarta – Sindrom down alias down syndrome adalah sebuah kondisi yang terjadi karena adanya gangguan genetika. Hal ini bisa terjadi karena adanya kelebihan dalam jumlah kromosom. Meski tidak bisa disembuhkan, tetapi anak yang lahir dengan kondisi ini nyatanya masih bisa tumbuh dan hidup, seperti anak lainnya.

Down Syndrome Apakah bisa dicegah?

Jakarta, Gatra.com – Sindrom down merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelainan genetik. Berdasarkan hasil Riskesdas pada 2007, kelainan genetik menjadi salah satu penyebab kematian bayi. Namun sindrom down atau kelainan genetik ini sebenarnya masih bisa dicegah ketika sang ibu dalam masa kehamilan.

Metode apakah yang paling tepat dilakukan untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin yang sedang dikandung oleh ibu?

Amniosentesis Amniosentesis adalah pemeriksaan kelainan kromosom bayi dengan pengambilan sampel cairan ketuban. Pemeriksaan ini bisa dilakukan saat usia kehamilan sudah mencapai sekitar 15–20 minggu. Amniosentesis bisa dilakukan untuk mendeteksi berbagai jenis kelainan kromosom, seperti sindrom Turner.

Bagaimana kelainan kromosom seks terjadi?

  • Beberapa penderita mengalami penyempitan aorta dan gangguan fungsi katup jantung. Kelainan kromosom ini menjadi salah satu penyebab keguguran yang banyak terjadi. Sindrom ini terjadi akibat seseorang memiliki dua kromosom seks X. kelainan ini biasanya terjadi karena nondisjunction saat sepasang kromosom seks gagal berpisah saat pembentukan telur.

Apakah kelainan kromosom terjadi setelah pembuahan?

  • Ini bisa terjadi dengan atau tanpa kehilangan materi genetik. Sebagian besar kelainan kromosom terjadi karena kecelakaan pada sel telur atau sperma. Dalam kasus ini, kelainan hadir di setiap sel tubuh. Namun, beberapa kelainan terjadi setelah pembuahan; kemudian beberapa sel memiliki kelainan dan beberapa tidak.

Apa yang dapat menyebabkan kerusakan kromosom?

  • Pada kromosom yang mengalami penambahan jumlah biasa disebut dengan trisomi, tetrasomi, dan lain – lain. Delesi adalah mekanisme yang dapat menyebabkan kerusakan kromosom diakibatkan hilangnya bagian tertentu. Contoh kasus pada kerusakan ini yaitu pada sindrom Jaconsen.

Apakah jenis kromosom pada orang tua dan anak?

  • Dalam hal ini materi genetik pada seseorang akan menentukan bagaimana terbentuknya sifat pada keturunannya. Sehingga tidak heran jika orang tua dan anak terkadang memiliki sifat yang begitu mirip. Jumlah kromosom pada manusia berjumlah 46 yaitu 44A yang disebut dengan autosom dan 2 kromosom kelamin yang disebut dengan gonosom.

Related Posts: