Apa itu diskriminasi beserta contohnya?

Apa itu diskriminasi beserta contohnya?

Apa itu diskriminasi beserta contohnya?

Diskriminasi adalah sikap membedakan secara sengaja terhadap golongan-golongan yang berhubungan dengan kepentingan tertentu. Pembedaan tersebut biasanya didasarkan pada agama, etnis, suku, dan ras. Diskriminasi cenderung dilakukan oleh kelompok mayoritas terhadap kelompok minoritas.

Apa yang dimaksud dengan diskriminasi kelas sosial?

Menurut Theodorson & Theodorson (1979), pengertian diskriminasi adalah perlakuan yang tidak seimbang terhadap perorangan atau kelompok berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal atau atribut khas seperti ras, suku, agama atau keanggotaan kelas-kelas sosial.

Apa yang dimaksud dengan diskriminasi di lingkungan masyarakat?

Dilansir dari buku Kamus Sosiologi (2012) karya Agung Tri Haryanto dan Eko Sujatmiko, diskriminasi adalah sikap membedakan secara sengaja terhadap golongan-golongan yang berhubungan dengan kepentingan tertentu. Pembedaan tersebut biasanya didasarkan pada agama, etnis, suku, dan ras.

Bagaimana cara mengurangi diskriminasi?

Berikut ini adalah cara menghindari diskriminasi :

  1. Menyadari bahwa yang membedakan manusia di sisi Allah adalah kualitas ketaqwaan mereka.
  2. Melihat keragaman ciptaan, bangsa dan suku adalah sesuatu yang wajar dan niscaya.
  3. Allah tidak melihat kemuliaan seseorang dari penampilan luar.

Apa saja contoh diskriminasi yang terjadi di masyarakat?

Contoh diskriminasi:

  • Seorang perempuan tidak diperbolehkan bekerja sebagai sopir atau pilot karena jenis kelaminnya.
  • Sekelompok orang mengejek atau memperlakukan orang secara berbeda hanya karena perbedaan keyakinan.
  • ODHA atau Orang Dengan HIV/AIDS masih sering dijauhi masyarakat karena takut tertular.

Apa yang dimaksud dengan diskriminasi agama?

Diskriminasi agama dapat diartikan sebagai tindakan yang membedakan, mengucilkan ataupun membatasi suatu agama tertentu dari masyarakat.

Kenapa bisa terjadi diskriminasi?

Diskriminasi bisa menyangkut agama, ras, etnis, ataupun suatu kebudayaan. Diskriminasi terjadi karena tidak bisa masyarakatnya tidak bisa memahami serta menerima perbedaan yang ada.

Apa dampak dari diskriminasi?

Akibat dari terjadi nya diskriminasi dalam kehidupan masyarakat, antara lain adalah : Dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah sosial dalam kehidupan masyarakat. Dapat menyebabkan timbulnya perasaan tidak adil. Dapat menyebabkan konflik atau pertentangan dalam masyarakat.

Apa yang menyebabkan timbulnya perlakuan diskriminasi?

Adapun penyebab adanya diskriminasi ialah persaingan yang semakin ketat serta intimidasi dari kelompok mayoritas terhadap kelompok minoritas.

Apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi diskriminasi gender?

Cara untuk mengatasi diskriminasi gender, yaitu:

  1. Mengurangi tidak kekerasan terhadap perempuan.
  2. Memberikan kesempatan pada perempuan untuk proses pengambilan keputusan.
  3. Meningkatkan kegiatan pemberdayaan perempuan di setiap daerah.

Bagaimana cara diskriminasi terjadi?

  • Theodor son dan Theodor son, Arti diskriminasi adalah perlakuan untuk membeda-bedakan kepada pihak lain yang melukiskan pada sikap tidak bermoral lantaran cederung dimiliki oleh pihak mayoritas kepada yang minoritas. Tindakan diskriminasi sangat mungkin terjadi pada seseorang yang dianggap minaritas.

Apakah ada contoh diskriminasi agama?

  • Prihal agama ada banyak contoh diskriminasi kepada kelompok minoritas yang terdiri dari suatu agama tertentu, di daerah yang mayoritasnya berbeda keyakinan. Hal ini misalnya saja ketika melihat kasus yang ada Negara Myanmar kepada Rohingya.

Apa yang melatar belakangi adanya diskriminasi?

  • Sifat yang melatar belakangi adanya diskriminasi seringkali diawali dengan prasangka. Dengan adanya prasangka, kita membuat seolah-olah terdapat pembedaan antara kita dengan orang lain. Pembedaan ini lumrah terjadi karena kita adalah makhluk sosial yang secara alami ingin berkumpul dengan orang-orang yang memiliki persamaan dengan kita.

Apakah diskriminasi sosial merupakan penyebab diskriminasi?

  • Sehingga mereka tidak perlu lagi merasa menjadi orang yang rendah dan terancam, karena mereka menyalurkannya kepada orang lain. Salah satu faktor yang menyebabkan diskriminasi sosial dalam masyarakat adalah perlakuan tidak menyenangkan pada masa lalu pun dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya diskriminasi.

Related Posts: